8 Syarat Penting Pengajuan KTA Bank Agar Cepat Disetujui

Syarat Syarat Yang Wajib Di Penuhi Agar Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Cepat Disetujui

Kredit tanpa agunan atau tanpa jaminan yang biasa disebut KTA,memang paling banyak diminati.Hal ini wajar saja karena siapa yang tidak mau mendapatkan pinjaman tetapi tidak membutuhkan jaminan/agunan.

Di Indonesia telah banyak bank yang menyediakan dan menawarkan pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat.Diantaranya kredit tanpa agunan BCA,Mandiri,BRI,BNI dan lainnya.Biasanya untuk kredit tanpa agunan bunga rendah masih dipegang oleh bank BRI.

Mengajukan credit tanpa ada agunan wajib memenuhi kriteria spesifik untuk beberapa calon debitur yang memerlukan utang. Apabila anda menginginkan mengajukan KTA di setujui bank, yakinkan anda penuhi kriteria.

Kredit Tanpa ada Agunan (KTA) atau umum juga dimaksud utang tanpa ada agunan banyak diambil orang jadi alternatif utang saat seorang memerlukan pendanaan dengan sistem gampang serta cepat.

Product utang ini ada di beberapa instansi keuangan, dari mulai bank, perusahaan multifinance atau pembiayaan sampai perusahaan tehnologi finansial
kredit tanpa agunan bunga rendah bca,bri,bni,bri proses cepat
Di sebagian institusi, product ini juga dinamakan dana tunai, dana cepat,dsb.
Sesuai  namanya, credit tanpa ada agunan tidak mensyaratkan si calon peminjam untuk mempersiapkan agunan atau jaminan untuk memperoleh utang. Product credit tanpa ada agunan juga dikatakan sebagai unsecured loan.

Pasalnya, untuk bank atau untuk penyedia utang, product utang ini termasuk credit berisiko tinggi karena ketiadaan agunan atau jaminan atas utang yang didapatkan.

Ini berkebalikan dengan product utang seperti credit modal kerja, credit investasi atau credit konsumtif beda seperti credit pemilikan tempat tinggal (KPR), credit pemilikan kendaraan bermotor (KKB), dan sebagainya.

Credit-kredit itu mensyaratkan agunan. Bahkan juga untuk credit mengkonsumsi seperti KPR serta KKB, tempat tinggal yang kita beli menggunakan KPR atau mobil yang dibeli dengan KKB tersebut sebagai jaminan utang.

Ketiadaan prasyarat penyerahan agunan utang jadikan KTA jadi product favorite yang diburu orang waktu memerlukan utang dengan prasyarat yang gampang serta cepat.

Bukan hanya itu, meski tidak mensyaratkan agunan, KTA dapat memberi utang dengan plafon sampai beberapa ratus juta rupiah. Semakin komplitlah KTA jadi utang favorite yang gampang diperoleh.

Dengan tanpa agunan sebagai prasyarat utang, ini jadikan KTA jadi satu diantara product utang memiliki biaya mahal. Bunga utang tanpa ada agunan rata-rata diatas 1% per bln. atau diatas 12% per th..
Bahkan juga product utang tanpa ada agunan di sebagian tempat seperti yang disiapkan oleh perusahaan finansial tehnologi, bunganya dapat 1% /hari atau 30% perbulan!

Jarang sekali ada KTA dengan bunga dibawah 1% per bln. atau single digit terkecuali tengah berjalan promo spesial.
Sekarang ini di Indonesia, nyaris semuanya instansi keuangan perbankan sediakan product KTA.

Kriteria mengajukan Credit Tanpa ada Agunan yang harus dipenuhi

Seperti telah dijelaskan diatas, prasyarat memperoleh kucuran utang tanpa ada agunan termasuk gampang karna tak ada ketetapan penyerahan agunan pada pemberi utang, apakah itu bank, multifinance atau perusahaan tehnologi finansial.

Tetapi, walaupun termasuk prasyaratnya tidak repot, banyak kelompok yang terasa akses pada KTA nyatanya tidak semudah yang dikira.

Banyak orang  yang menjumpai penolakan dalam mengajukan credit tanpa ada agunan meski terasa telah penuhi kriteria yang diputuskan oleh bank.

Mungkin saja anda termasuk juga yang bertanya-tanya, apa sajakah sesungguhnya kriteria yang dituntut oleh bank dalam mengajukan credit tanpa ada agunan.

Apakah benar mengajukan KTA nyatanya sama sulitnya dengan type credit yang lain? Atau, apakah memanglah dalam mengajukan credit tanpa ada agunan, prasyarat yang diputuskan oleh pemberi utang sifatnya mutlak?

Syarat Syarat Mengajukan KTA Bank Agar Cepat Disetujui dan Cepat Cair


Berikut beberapa syarat syarat pengajuan kredit tanpa agunan yang harus dipenuhi agar cepat cair


Pada intinya terdapat banyak prasyarat yang umum diputuskan oleh bank tentang mengajukan credit tanpa ada agunan, diantaranya :

1. Syarat Umur

Penyedia utang tanpa ada agunan atau KTA biasanya membanderol kriteria standard untuk umur calon debitur atau peminjam yaitu minimum 18 th.
 Diluar itu, mengajukan credit tanpa ada agunan mewajibkan juga umur maksimum calon debitur. Biasanya, umur peminjam dibanderol maksimum 55 th. atau 60 th. waktu utang selesai.

2. Syarat minimum penghasilan

Walaupun judulnya yaitu credit tanpa ada agunan, mengajukan credit tanpa ada agunan tetaplah memerlukan pengukuran kekuatan pembayaran angsuran si calon peminjam. Langkahnya yaitu dengan mengecek nilai pendapatan teratur si peminjam.

Mengajukan KTA senantiasa mensyaratkan minimum pendapatan yang perlu dipenuhi oleh calon peminjam. Sekarang ini, rata-rata product KTA menempatkan kriteria mengajukan credit tanpa ada agunan dengan minimum pendapatan Rp 3 juta tiap bulan.

Prasyarat minimum pendapatan untuk mengajukan KTA juga dibedakan pada calon debitur berstatus karyawan dengan wiraswasta atau profesional.

Pembedaan juga umumnya diaplikasikan berdasar pada daerah, apakah itu Jabodetabek, luar Jabodetabek, kota-kota besar, dsb.

3. Syarat kelengkapan Identitas

Penyedia utang KTA atau credit tanpa agunan biasanya mewajibkan beberapa calon peminjam untuk memenuhi beragam prasyarat kelengkapan dokumen jati diri.

Prasyarat standard yaitu KTP atau paspor. Sebagian penyedia utang ada juga yang mensyaratkan kepemilikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) apabila mengajukan credit tanpa agunan melampaui batas plafon utang spesifik.

4. Syarat dokumen penghasilan

Supaya dapat memperoleh utang tanpa agunan, si calon peminjam umumnya diminta untuk menyertakan dokumen bukti pendapatan.

Hal tersebut diperlukan oleh penyedia utang untuk mengukur keadaan keuangan calon peminjam, jadi bahan analisa credit untuk ketahui kekuatan calon peminjam kembalikan utang nantinya.

Bukti pendapatan umumnya berbentuk slip gaji bulanan untuk calon debitur yang berstatus karyawan, atau data rekening koran untuk calon peminjam berstatus swasta.

5. Syarat memiliki kartu credit

Walaupun bukanlah prasyarat paling utama, sebagian penyedia utang tanpa ada agunan biasanya mensyaratkan juga kepemilikan kartu credit si calon peminjam.

Prasyaratnya juga bukanlah sebatas mempunyai kartu credit. Sebagian penyedia KTA juga mengharuskan kepemilikan kartu credit minimum satu tahun dengan limit spesifik.

Kenapa kepemilikan kartu credit jadi perlu dalam pencairan utang KTA? Bank umumnya juga akan menggunakan data reputasi kartu credit Anda jadi satu diantara bahan analisa resiko credit si calon peminjam.

Apakah jadi pemegang kartu credit si calon debitur itu seringkali telat membayar angsuran? Atau, sering menggunakan limit kartu creditnya. Disini, bank akan lihat reputasi anda dalam memakai kartu credit.

 Jika reputasi termasuk bagus, umpamanya, tidak sempat telat membayar tagihan kartu credit, seringkali membayar penuh tagihan serta tidak sering overlimit kartu, bank semakin lebih gampang menyepakati mengajukan credit tanpa ada agunan.

Walaupun seringkali ditulis jadi satu diantara prasyarat yang perlu dipenuhi dalam mengajukan KTA, di pasar ada juga product utang tanpa ada agunan yang tidak mewajibkan kepemilikan kartu credit.

6. Syarat reputasi credit (BI checking)

Untuk mengajukan credit tanpa agunan, penyedia utang sangat mementingkan reputasi credit si calon peminjam.

 Bank juga akan mengecek reputasi credit anda sebelum memberi kesepakatan utang. Reputasi credit juga akan di teliti dengan lihat data di System Info Debitur Bank Indonesia. Sistem berikut yang diberi nama jadi BI checking.

Sekarang ini, BI checking beralih nama jadi System Service Info Keuangan (SLIK) dibawah Otoritas Layanan Keuangan (OJK). Apabila sejarah credit anda sampai kini bagus, jadi bank dapat dengan gampang menyepakati mengajukan KTA.

 Sedang apabila rekam jejak credit sampai kini kurang bagus, seringkali menunggak angsuran, kesepakatan mengajukan KTA semakin lebih susah anda peroleh. Anda dapat check reputasi credit anda di SLIK OJK.

7. Syarat Tempat Tinggal

Sebagian penyedia credit tanpa ada agunan menempatkan prasyarat tempat tinggal si calon peminjam.

Ini berkaitan dengan usaha mitigasi resiko tidak berhasil bayar serta pertimbangan coverage service.
Umumnya sekarang ini penyedia utang tanpa ada agunan masih tetap terbatas di lokasi Jabodetabek, kota-kota besar di Indonesia.

8. Syarat Nomor Telepon Fixed Line

Product KTA yang ada di pasar sekarang ini banyak juga yang membanderol kriteria ini jadi satu diantara prasyarat mengajukan. Nomor telepon fixed line berarti nomor telepon yang terpasang dirumah atau kantor, bukanlah nomor telepon hp atau mobile phone number.

Sekarang ini mungkin saja makin tidak sering orang mempunyai telepon fixed line. Oleh karena itu, banyak bank atau instansi keuangan penyedia utang yang mengambil keputusan prasyarat nomor telepon fixed line kantor si calon peminjam.

Bagaimana apabila tidak mempunyai kantor atau berstatus freelance atau wiraswasta? Nah, mungkin saja kesempatan kesepakatan mengajukan credit anda jadi lebih kecil.

Langkah Langkah Mengajukan Kredit Tanpa Agunan Ke Bank


Berikut beberapa tahapan dalam mengajukan pinjaman tanpa agunan ke bank agar cepat cair:


Langkah ke 1 : Temukan KTA paling tepat

Saat memajukan utang KTA, hal pertama yang perlu dikerjakan yaitu mencari product KTA yang paling pas untuk tutup keperluan. Kenali apa keperluan anda, apakah dana tunai itu juga akan anda pakai untuk perbaikan tempat tinggal, penambahan cost rumah sakit, cost pernikahan atau untuk tutup keperluan beda.

Yakinkan anda temukan KTA dengan penawaran paling baik. Yakni dari bagian bunga yang kompetitif, bebrapa cost diluar bunga yang murah serta feature menarik apa saja yang menguntungkan.

Tidak gampang temukan KTA yang paling pas. Apabila ingin ribet, anda bisa mengajukan pertanyaan satu per satu kepada penyedia product mengenai tawaran KTA mereka.

Langkah ke 2 : Isi formulir

Sesudah mencari dan menemukan product KTA yang anda perlukan, sistem mengajukan KTA setelah itu yaitu isi formulir mengajukan yang sudah disiapkan oleh bank. Isi dengan info yang benar.
 Lantas, pelajari serba serbi utang KTA itu. Contohnya, berkaitan penghitungan bunga, denda keterlambatan, denda pelunasan lebih cepat, cost administrasi, dan lain lain.

Tiap-tiap product mempunyai prasyarat serta ketetapan yang bisa saja berbeda.Oleh karena itu, sebelumnya mengajukan utang, sebaiknya anda sudah betul-betul mengetahui segala serba serbi KTA itu.

Di step ini, anda akan disuruh mengisi data data mulai kelengkapan jati diri, info pendapatan, dll.

Langkah ke 3 : Verifikasi oleh bank

Sesudah anda mengajukan permohonan,maka pihak bank penyedia KTA juga akan memverifikasi data-data yang anda berikan dengan dokumen-dokumen pendukung.

Sistem verifikasi mengajukan KTA umumnya semakin lebih lama apabila anda belum pernah mengajukan KTA terlebih dulu.

Demikian sebaliknya, apabila terlebih dulu anda sudah memajukan KTA serta sudah lunas, peluang sistem verifikasinya lebih singkat.

Apa sajakah yang diverifikasi oleh bank? Umumnya bank juga akan mengecek besar pendapatan, tempat bekerja serta saudara yg tidak serumah.

Akan lebih baik apabila anda memberitahukan kantor serta keluarga yang namanya anda cantumkan di formulir mengajukan agar sistem verifikasi lebih lancar.

Langkah ke 4 : Kepastian status aplikasi

Sesudah step verifikasi, apabila aplikasi mengajukan KTA dinilai layak untuk memperoleh utang, bank juga akan menelpon anda untuk memberitahukan.Semua sistem itu membutuhkan  waktu paling sekitar 3 hari hingga 14 hari kerja.
Ada pula penyedia KTA yang pemberitahuannya lewat SMS, apakah di terima atau tidak diterima.

Dana KTA yang anda ajukan juga akan segera ditransfer ke rekening. Umumnya juga sudah dipotong cost administrasi.

Itulah beberapa syarat penting agar pengajuan kredit tanpa jaminan bisa disetujui dan cair beserta langkah langkahnya.Semoga bermanfaat. 

0 Response to "8 Syarat Penting Pengajuan KTA Bank Agar Cepat Disetujui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel