Cara Mendapatkan Dana Bantuan Modal Usaha Bisnis dari Crowdfunding

12 Situs Crowdfunding Penggalang Dana Modal Bisnis dan Sosial

Crowdfunding,Cara Penggalangan Dana Online Untuk Modal Bisnis dan Bantuan Sosial

Apa itu crowdfunding?

Situs crowdfunding adalah situs yang bisa membantu Anda yang mewujudkan ide bisnis atau mimpi besar anda.

Apapun ide usaha atau bisnis anda,baik yang sifatnya komercil atau non komercil yang membutuhkan dana atau modal.Nah melalui situs crowdfunding ini anda dapat melakukan penggalangan dana.

cara mendapatkan bantuan dana modal bisnis usaha dari situs crowdfunding
Crowdfunding juga bisa digunakan untuk mendatangkan investor.

#Mengenal Situs Crowdfunding

Isilah crowdfunding (crowd financing, equity crowfunding, crowd-source fundraising) yaitu  meminta bantuan dari banyak orang (crowd) untuk melakukan pendanaan atau donasi sejumlah uang untuk kebutuhan tertentu (proyek profit atau non profit), yang nantinya donatur akan mendapatkan imbalan (rewards) atau tanpa imbalan tertentu.

Biasanya  crowdfunding dilakukan secara online dan situs yang digunakan sebagai media penggalangan dana ini disebut situs crowdfunding.

Memang Crowdfunding di Indonesia belum banyak terkenal dan termasuk masih baru. Biasanya situs crowdfunding menawarkan pendanaan untuk tujuan:
  1. Pertolongan pada bencana alam
  2. kampanye politik
  3. Pendanaan perusahaan startup
  4. Pendanaan film
  5. Pendanaan pengembangan aplikasi yang gratis
  6. Riset oleh peneliti
  7. Proyek bisnis yang briliant
  8. Proyek-proyek infrastruktur dan lainnya.
Ide dasar situs crowdfunding sangat sederhana, yaitu Modal suatu proyek didanai oleh banyak orang atau patungan.

Untuk menarik minat para investor,biasanya proyek yang diajukan akan menjanjikan sebuah imbalan (kecuali untuk bantuan sosial),beberapa imbalan yang biasanya ditawarkan yaitu:

1.Equity Crowdfunding

Crowdfunding imbalan kepemilikan saham tujuannya adalah meminta para investor untuk mendonasi bisnis atau proyek yang diajukan dengan imbalan kepemilikan saham atau kepemilikan bagian dari bisnis atau proyek.

Pendanaan Jenis ini sangat cocok untuk wirausaha, pemilik bisnis dan perusahaan baru (start up company).

Biasanya orang-orang yang mendanai  adalah investor dan pemilik saham (stock holder, share holder).

2.Donation Crowdfunding

Crowdfunding atas dasar donasi tujuannya adalah meminta banyak orang untuk mendonasi bisnis atau proyek dengan penukaran suatu nilai (value) yang lebih berharga dari uang.

Nilai ini dapat sebuah rasa bangga atau produk-produk misalnya (kartu anggota, barang jadi, dan lain-lain). Jenis ini cocok untuk artis, penemu (inventors), pembuat film, pemusik, penulis dan perusahaan-perusahaan non profit.

Orang-orang yang masuk dalam crowdnya adalah filantrofis (philanthropists – orang yang suka berbagi), penemu, pecinta gadget, pencita musik dan film.

Selain itu,biasanya crowdfunding jenis ini sering digunakan untuk penggalangan dana sosial,seperti bantuan bencana alam,penggalangan dana untuk operasi penyakit mereka yang tidak mampu,dll.Dan para donasi untuk tujuan ini tidak dijanjikan imbalan.

3. Debt Crowdfunding

Crowdfunding berbasis hutang/pinjaman tujuannya adalah meminta banyak orang untuk mendonasi bisnis atau proyek dengan bunga utang atau keuntungan finansial. Jenis ini biasanya cocok untuk wirausaha, penemu, pemilik bisnis.

Orang-orang yang masuk dalam crowdnya adalah penemu dan wirausaha.Jadi kesimpulannya para investor akan mendapat imbalan pengembalian dana dengan ditambah bunga tertentu.

Lalu dimana kita bisa melakukan penggalangan dana crowdfunding?

Situs Situs Crowdfunding Terbaik Untuk Penggalangan Dana Sosial dan Komercial


Berikut beberapa situs crowdfunding untuk pengumpulan dana,Berikut ini adalah situs crowdfunding yang terkenal di dunia maya.

Semoga situs-situs ini bisa membantu Anda mendapatkan sumber pendanaan untuk bisnis sampingan, proyek-proyek profit atau amal yang Anda buat.

1.Kickstarter

Kickstarter adalah sebuah situs yang digunakan untuk melakukan pendanaan proyek-proyek kreatif berbasis sumbangan. Kickstarter termasuk salah satu platform lama dan banyak mengalami pertumbuhan yang baik dan telah menghasilkan kampanye besar dalam beberapa tahun terakhir.

2.Indiegogo

Indiegogo ditujukan untuk penggalangan dana berbasis sumbangan bagi pemusik, fans, keperluan keuangan pribadi dan badan amal.

Mereka juga memiliki pertumbuhan internasional karena fleksibilitas mereka, pendekatan yang sangat luas dan sebagai modal awal mereka masuk dalam industri.

3.Crowdfunder

Crowdfunder adalah platform crowdfunding untuk tujuan bisnis, dengan jaringan sosial yang berkembang dari investor, startups teknologi, usaha kecil, dan usaha sosial (bisnis finansial berkelanjutan / menguntungkan dengan tujuan dampak sosial).

Crowdfunder  memberikan  perpaduan crowdfunding  tujuan sumbangan dan investasi dari individu dan investor, dan orang-orang investor dengan syarat tertentu.

4.Rockethub

Rockethub adalah situs crowdfunding untuk tujuan penggalangan sumbangan dana berbagai macam proyek kreatif.

RocketHub memiliki progam Launchpad FuelPad yang  membantu pemilik kampanye dan potensi promosi serta mitra pemasaran yang terhubung dan berkolaborasi  demi keberhasilan kampanye.

5.Crowdrise

Crowdrise adalah situs crowdfunding untuk tujuan pengumpulan  sumbangan untuk amal. Mereka sudah memiliki komunitas orang-orang yang peduli dengan sesama.

 Sebuah Poin Sistem unik pada Crowdrise dapat melacak dan mengetahui  berapa banyak anggota dan organisasi yang membuat kampanye.

6.Somolend

Somolend termasuk situs crowdfunding untuk pinjaman pengusaha kecil di AS, membantu  menyediakan dana investasi berbasis utang untuk usaha yang berkualitas dengan operasi yang ada dan pendapatan.

Somolend telah bekerjasam  dengan bank untuk menyediakan pinjaman, untuk membantu pemilik usaha kecil yang memerlukan modal usaha.

7.Appbackr

Situs Appbackr adalah situs penggalangan dana hanya untuk membantu membiayai mereka yang memiliki proyek pengembangan aplikasi mobile.

8.AngelList

Situs crowdfunding AngelList cocok untuk seorang start-up di bidang teknologi.Umumnya Crowd dalam AngelList terdiri dari para investor terakreditasi dan lembaga atas AngelList telah mendanai dan meningkatnya jumlah transaksi pada proyek  startup teknologi.

9.Invested.in

Jika anda ingin membuat komunitas crowdfunding  sendiri untuk membantu pengumpulan dana dengan tujuan sumbangan kelompok tertentu atau bisnis,bisa memanfaatkan invested.in.
Invested.in adalah, perusahaan yang berbasis di Venice yang merupakan pemilik nama “white label” penyedia perangkat lunak atas, yang memberikan anda alat untuk memulai dan tumbuh sendiri.

10.Quirky

Quirky adalah tempat untuk berkolaborasi dan melakukan pendanaan berbasis sumbangan.Apabila Anda seorang penemu, pembuat, atau pemikir situs ini sangat cocok untuk anda.
 Situs Quirky bertujuan untuk membantu sebuah penemuan atau produk untuk hidup yang lebih baik dan memungkinkan partisipasi masyarakat dalam proses.

11.Untuk selanjutnya adalah crowdfunding yang ada diIndonesia,akan dibahas dibawah ini

#Bagaimana Cara kerja crowdfunding?


Setiap ide atau inovasi dan kreatif yang brilian tidak dapat diwujudkan tanpa adanya modal.Akan tetapi tidak semua orang yang memiliki ide juga memiliki modal atau akses untuk meminjam modal.

Sebaiknya ide jangan hanya disimpan sendiri, share ke orang lain melalui situs crowdfunding. Siapa tahu mereka mau membantu

Melalui situs crowdfunding siapapun bisa mencari modal sekaligus memperkenalkan ide kreatif ke khalayak ramai. Crowdfunding memang tidak selalu tentang bisnis,bisa juga ide untuk membantu seseorang melalui penggalangan amal di crowdfunding.

 Sistem ini juga bisa digunakan untuk menggalang dana untuk kegiatan sosial, bantuan bencana alam, bantuan individu, pembuatan video dokumenter, musik, film dan sebagainya.

Tips Bagaimana caranya agar berhasil menggalang dana?


1. Mulailah Membuat proposal semenarik mungkin

Buatlah proposal mengenai proyek yang akan kamu jalankan.Usahakan semenarik dan seinteraktif mungkin. Dapat dengan teks, video atau slideshow.

Yang jelas harus menerangkan apa tujuan utama dengan storytelling yang bersemangat tapi jangan berlebihan dan jangan  terlalu sentimentil juga.

Terangkan secara detail agar masyarakat dapat menilai manfaat dari proyek dan prospek yang dimiliki dari proyek tersebut.

2. Unggah Proposal Proyek ke situs crowdfunding

Cari dan pilih situs crowdfunding yang menurut anda cocok dengan proyek tersebut dan bonafit untuk mengakomodir kampanyemu.

 Sekarang  ini telah banyak startup crowdfunding lokal yang dapat dimanfaatkan untuk penggalangan dana.

3. Pantau kampanye Proyek Anda

Jika sudah mengunggah proposal ke situs crowdfunding, pantau terus kampanyemu. Memantau ini dapat dimaksudkan dengan \ sebagai user-engagement juga. Menanggapi jika saja  ada pertanyaan seputar proyekmu, dan jelaskan secara mendetail dan jujur.

4. Pastikan Selalu update kampanye Proyek Anda

Selalu update kampanyemu jika ada progres.Hal tersebut  diperlukan supaya masyarakat mengetahui  bahwa proyek tersebut aktif dan anda juga  memiliki semangat membara yang siap untuk menjalankannya.

5. Promosi

Jangan malas untuk berpromosi. Yang terpenting dari crowdfunding adalah jaringan.Jangan malu untuk berpromosi ke keluarga dan teman dulu.

Gunakan juga sosial media lain untuk menyebarkan  kampanye proyek anda itu.

Untuk masyarakat Indonesia sementara ini ada 2 situs crowdfunding yang masih aktif dan siap untuk menampung proyek brilian anda:

1. KitaBisa.com

Platform crowdfunding yang berbasis di Jakarta Selatan ini telah cukup lama beroperasi. Jumlah Total dana yang berhasil terkumpul mencapai Rp 10,56 miliar di tahun sebelumnya dan sekarang mungkin telah lebih dari itu.

Untuk setiap donasi yang terkumpul ,pihak situs KitaBisa akan menarik biaya operasional 5%.Tetapi untuk penggalangan dana tujuan bantuan bencana alam tidak dikenakan biaya apapun.

Para partisipan di KitaBisa biasanya adalah Yayasan/NGO, komunitas, seniman, penggagas dan individu yang berniat dan peduli membantu sesama.

Setiap kampanye yang diajukan di situs ini, pihak KitaBisa akan memverifikasinya terlebih dulu. Para penggagas penggalang dana kampanye juga  dituntut untuk terus dan harus melaporkan perkembangan kampanyenya. 

2. GandengTangan.org

GandengTangan lebih ditujukan untuk entrepreneur atau pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya. Sebelum dapat berkampanye pengumpulan dana, harus ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi yaitu:
  • Usaha harus telah berjalan minimal 6 bulan
  • Usahanya tidak sedang dalam keadaan bangkrut/macet
  • Memiliki sistem keuangan yang jelas
GandengTangan hampir mirip dengan sistem crowdlending (peminjaman dana dari masyarakat).Sehingga setiap dana modal yang terkumpul dari masyarakat, harus dikembalikan lagi oleh sang penggagas.

Tetapi sangat Berbeda dengan sistem kredit rakyat, crowdfunding ini lebih fleksibel dengan bunga rendah.Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mendapatkan Dana Bantuan Modal Usaha Bisnis dari Crowdfunding"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel